Arsitek China Raih Nobel Pritzker Prize 2012

Ningbo Museum
Arsitek asal China Wang Shu dari Amateur Architecture Studio di Hangzhou berhasil meraih nobel dalam dunia arsitektur, Pritzker Prize 2012. Shu merupakan arsitek China pertama yang dianugerahi penghargaan bergengsi tersebut.

Arsitek berumur 48 tahun tersebut berhasil mengukir prestasi atas karya-karya arsitekturnya yang sangat unik dan beda. Salah satunya adalah Ningbo Museum yang terletak di Beijing.

Museum tersebut dari struktur luarnya tertlihat sangat menonjol dengan fasad batu dan bentuk gedung yang seperti tidak mengalami tahap finishing. Hal tersebut menciptakan harmoni spontanitas asritektur yang menjadikannya sebagai salah satu ikon kota Beijing.

Wang Shu juga sangat memperhitungkan nilai sustainable dalam setiap karyanya. Hal tersebut dapat dilihat pada bagian genteng dan batako museum ini yang merupakan sisa-sisa bangunan yang sudah runtuh dan rusak. Wang Shu kemudian mengumpulkannya dan membuat karya seni baru yang bernilai sejarah tinggi dengan interior yang mewah.

“Pada saat kami para juri berkunjung ke China dan melihat karya-karya Wang Shu tidak ada sedikit pun keraguan atas hasil karyanya tersebut dan keputusan kami telah bulat untuk memberinya Pritzker Prize 2012,” kata Ketua dewan juri Pritzker Prize Lord Palumbo, seperti dilansir Urban Peek, Senin (5/3/2012).

Pritzker Prize adalah sebuah penghargaan nobel tahunan yang diberikan oleh Hyatt Foundation. Nobel ini diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada para pelaku arsitektur yang tidak hanya membangun sebuah bangunan, namun memiliki sisi-sisi humanitas dan kepedulian lingkungan yang tinggi, juga tentunya dapat bermanfaat bagi orang banyak. 

Rumah Anda Terserang Rayap !!! 
Bingung Mengatasinya 
Jangan Kawatir !! Kami Hadir Untuk  Membantu Anda
Hubungi kami :  021-7463.7054 / 021.4452.9291